Gerakan Pemanasan/Stretching Buat Mencegah Cedera Lutut

Olah raga lari emang makin diminati belakangan ini. Selain gak butuhin modal gede, olah raga yang satu ini juga gampang banget dilakukan buat ngejaga kondisi tubuh biar tetap fit. Walaupun mudah, yang namanya olah raga tetap memiliki resiko kalo kita gak ngelakuinnya dengan benar. Misalnya, karena takut cewe-cewe yang doyan lari pagi keburu lewat, begitu bang jago berkokok langsung loncat dari kasur. Nggak pake stretching, nggak pake sepatu, langsung lari sekenceng-kencengnya keliling kosan. Yaa, nggak usah segitunya juga kali ya.

Apapun olah raganya, stretching itu penting lho. Fungsinya buat melenturkan dan mempersiapkan otot-otot di tubuh kita biar gak kaget saat digenjot melakukan olah raga yang sebenarnya. Kalo kita sering melakukan olah raga lari tanpa stretching dulu, kita jadi beresiko mengalami cedera lutut. Nah, di postingan kali ini gue punya beberapa gerakan stretching yang bisa membantu kita terhindar dari cidera lutut.

Yuk, simak dan praktekin gerakan yang disarankan sama seorang terapis fisik bernama Lisa Konstantellis ini.

Peregangan Betis Berdiri di depan tembok, tempatkan kaki kanan di belakang kaki kiri. Dengan tangan lurus ke depan dan kedua telapak tangan nempel ditembok, tekuk lutut kiri pelan-pelan ke depan hingga posisinya lurus di atas telapak kaki kiri. Jaga kaki kanan tetap lurus ke belakang dengan tumit nempel di lantai. tahan posisi hingga 30 detik, lalu ganti kaki dan ulangi beberapa kali.

Gerakan Paha Berbaring atau duduk di lantai dengan kaki kanan lurus ke depan dan letakkan handuk yang digulung di bawah lutut bagian dalam. Tekan handuk ke bawah dengan kaki sambil menegangkan otot paha. Tahan selama lima detik lalu lemaskan kaki. Lakukan tiga set yang terdiri dari 10 kali, lalu ganti kaki.

Gerakan Mengangkat Kaki Berbaring di lantai dengan kaki kanan lurus dan kaki kiri ditekuk. Angkat kaki kanan ke atas hingga lutut kanan sejajar dengan yang kiri lalu turunkan perlahan. Lakukan tiga set yang terdiri dari 10 kali, lalu ganti kaki.

Peregangan Hamstring Berbaring menghadap atas dengan kedua kaki lurus. Pegang seutas tali panjang dan kaitkan pada telapak kaki kanan. Angkat kaki kanan menggunakan tali tadi hingga terasa peregangan pada bagian dalam lutut dan paha. Tahan posisi selama 30 detik. Ulangi dua kali lalu ganti kaki.

Gimana, nggak susah kan buat menjaga lutut terhindar dari cidera? Tapi sebenarnya, rahasia utama biar lutut selalu dalam kondisi oke adalah dengan menjaga pola hidup sehat biar berat badan tetap ideal lho. Karena tiap kali tubuh kita tambah gemuk setengah kilogram, itu artinya lutut kita harus menanggung beban sebesar 2 kilogram saat kita berjalan atau naik tangga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *